Oil separator


PENGERTIAN OIL SEPARATOR

Oily Water Separator (OWS) merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan minyak dari air bilga. Air dari OWS akan dibuat ke laut, sedangkan minyak akan disimpan di tangki penampungan. Teknologi OWS bertujuan untuk mencegah pencemaran minyak yang bersumber dari kapal perikanan.

Oil separator/pemisah minyak pelumas(oli) merupakan alat yang berfungsi untuk memisahkan oil dengan refrigeran supaya tidak terbawa ikut bersirkulasi yang kemudian oli tersebut akan dikembalikan ke ruang oli dalam compressor. Oil separator dipasang setelang compressor.

Separator sendiri memiliki pengertian yakni sebuah alat yang berbentuk tabung dan memiliki tekanan yang berfungsi untuk memisahkan 2 (air dan minyak) atau 3 jenis zat (air, minyak, dan gas) yang mempunyai desitas yang berbeda. Oil separator dipasang diantara kompresor dan kondensor.

Oil water separator adalah pesawat bantu yang dipakai diatas kapal untuk memisahkan air got di kamar mesin dari campuran minyak, tumpahan, minyak kotor, dari limbah operasi separator minyak lumas, separator bahan bakar dan kebocoran-kebocoran minyak lumas dari pipa-pipa, dari bodi, mesin induk, juga dari mesin-mesin bantu yang yang bercampur dengan air yang tertampung di got kamar mesin. Dengan demikian air yang dibuang adalah air yang bersih yang memenuhi persyaratan 15 (PPM) sesuai (MARPOL,1973 protokol 1978).

Oil water separator (OWS) bekerja menggunakan hukum stokes yakni mendefinisikan kecepatan terapungnya suatu benda/partikel berdasarkan berat jenis dan ukurannya. Dalam alat ini, minyak akan terakumulasi satu sama lainnya karena perbedaan masa jenis (densitas), dalam hal ini fluida yang dimaksud adalah air dan minyak, yang mana berat jenis air lebih besar dari pada berat jenis minyak sehingga saat proses pemisahan terjadi air akan beradda dibagian bawah dan minyak akan berada dibagian atas. Prinsip kerja pemisahan oil water separator dilakukan dengan mengubah kecepatan dan arah fluida dari sumur (well), sehingga fluida tersebut dapat terpisah. (Fidelis A. Osamor ,Robert C. Ahlert. 1978).

Hambatan yang terjadi pada rangkaian air got (OWS) haruslah diatasi dengan senantiasa memeriksa alat-alat bantu pendukung yang ada. Kelancaran kerja dari alat-alat bantu yang terpasang akan melancarkan kerja dari OWS pula. Alat-alat bantu tersebut harus peka untuk mensensor kandumgan air dan minyak, sudah tentu minyak yang tercapur di air tersebut harus cukup bersih dari kandungan kotoran dan lumpur.

Saringan yang ada sebelum pompa got harus memiliki kerapatan yang baik atau yang lebih rapat sehingga masuknya kotoran-kotoran dan lumpur dapat dicegah. Dengan mencegah kotoran dari lumpur maka sensor-sensor dan alat bantu lainnya dapat bekerja dengan baik.

Proses kerja pada komponen OWS

Sebuah OWS terdapat beberapa komponen yang masing-masing mempunyai proses kerja yang berbeda-beda, berikut  beberapa proses kerja dari komponen oil water separator (OWS) anatara lain:

a.  Separator Pada separator, proses pemisahan minyak dari air ini harus bekerja dengan baik, namun faktanya ada kotoran dan lumpur yang masih dapat melewati saringan, maka akan menghambat proses ini (separator). Karena kotoran dan lumpur akan mengendap dibagian bawah tabung separator.

b.  Coalescer. Didalam coalescer terdapat saringan-saringan yang halus. Apabila saringan terlepas dari posisinya maka tempat kedudukan rumah saingan harus dilas dengan cukup kuat. Apabila diperlukan maka pabrik pembuat sudah seharusnya membuat penyempurnaan pada kedudukan dari rumah saringna supaya tida mudah lepas.

Fungsi komponen dari OWS

Berikut ini beberapa fungsi dari komponen OWS antara lain :

a.      Oil discharge Monitoring.

Komponen ini berfungsi untuk mendeteksi kandungan minyak pada saat pemisahan

b.      Katup Tiga Jalan

Berfungsi sebagai katup pembuangan air, apabila didalam suatu proses pemisahan kandungan minyak madsih diatas 15 PPM, maka dengan otomatis katup tiga jalan ini bekerja mengembalikan air yang masih tercampur minyak keproses pemisahan Kembali.

c.       Oil Content Meter

Berfungsi sebagai penghitung kandungan campuran minyak

d.      Blige Pump

Berfungsi sebagai penghisap air got kamar mesin untuk dipindahkan ke Bilge Water Tank

e.      Bilge separator

Berfungsi sebagai tabung pemisah air got dengan minyak

f.        Coaliser

Berfungsi sebagai penampungan air got yang dipisah oleh bilge separator dari endapan minyak

g.      Piston valve

Berfungsi sebagai katup untuk mengalirkan air isap yang terpisah yang mana minyak air kotor masuk ke Sludge tank.

h.      Solenoid valve

Berfungsi sebagai pengontrol katup Three Way Valve, bekerja atas dasar kiriman sinyal dari minyak air kotor (central unit)

i.        Sludge Oil Tank (tangki minyak air kotor)

Berfungsi sebagai penampungan minyak air kotor

j.        Filter

Berfungsi sebagai penyaringan yang berada di (coalescer stage II)

k.       Safety Valve

Berfungsi sebagai katub keselamatan apabila terjadi tekanan berlebih atau Over Pressure

Oil separator berfungsi mencegah ikutnya oli bersikulasi dalam sistem dan mengembalikan oli yang terbawa disaluran discharge supaya Kembali ke crankcase kompresor. Jika minyak pelumas banyak yang ikut bersirkulasi dalam system maka kompresor akan kekurangan minyak pelumas dan mengakibatkan pelumasnya kurang baik.  Selain itu, minyak pelumas tersebut akan masuk ke kondensor dan evaporator dan menghambat proses perpindahan panasnya.

Spesifikasi komponen teknis, filter komponen berupa kawat kasa penyaring dimana partikel-partikel besar akan terpisah pada saat proses penghisapan air limbah got kapal maka kedalam pesawat OWS sebelum proses pemisahan: Plunger pump komponen berupa pompa plunger, pemindah media cair dengan kekentalan (viskositas) yang cukup tinggi dari kolom got menuju kedalam tabung pemisah hingga menekan cairan keluar.

·       Plat pemisah utama dan kedua (primary and secondary separating section) plat ini membentuk susunan-susunan plat yang horizontal yang masuk keruang pemisah ini melalui proses penyaringan/pemisah pada tiap-tiap plat. Dimana unsur yang memiliki berat jenis paling besar (air) akan berada paling bawah kemudian minyak yang berat jenis lebih kecil berada diatasnya akan terkumpul diruang pengumpulan minyak (oil collecting chamber) dengan demikian kandungan minyak air got akan berkurang.

·   Ruang pengumpulan air (water collecting chamber) ruang ini terletak di bagian sisi kanan tabung pemisah yang mana berfungsi sebagai tempat pengumpulan air laut yang telah dipisahkan berdasarkan berat jenisnya. Dan selanjutnya air tersebut akan dikeluarkan ke laut melalui pipa pembuangan air.

Komentar

Postingan Populer